Monday, September 14, 2015

Bedah Elco

Memastikan kualitas Electrolit Capacitor jangan hanya dari merk dan harga. Cara paling tepat adalah dengan mencocokkan dengan datasheet dari manufactur yang memproduksi elco tersebut. Berikut contoh marking atas dan bawah yang dipakai beberapa manufactur elco.



Tetapi, mencari datasheet elco tidaklah semudah mencari datasheet transistor atau IC. Cara lain adalah dengan mengukur dengan memakai alat ukur, contohnya seperti LCR Meter, Capacitance Meter, ESR Meter, dan beberapa Multimeter yang support fungsi ukur kapasitansi dan membandingkannya dengan nilai yang tertulis pada badan komponen.


Sayangnya saya belum mempunyai alat ukur tersebut, sehingga cara yang saya pakai untuk memastikan kualitas dan keaslian elco ini agak overkill, yaitu membedahnya, walaupun banyak rekan rekan yang melakukan hal ini. Selain boros uang karena korban elco yang kita rusak, kita juga tidak tahu ukuran kapasitansinya jika tanpa alat ukur, walaupun isi dalaman elco tersebut bagus. Tetapi keuntungannya kita tahu jika ada kejanggalan pada isi dalam elco tersebut, walaupun jika diukur menunjukkan nilai yang sesuai dengan yang tercantum pada badannya.

Beberapa elco yang saya bedah dan sengaja dirusakin, untuk memastikan isinya tanpa diukur memakai alat bantu:

- Rubycon USP 4700uF 63V




- Rubycon MXG 6800uF 50V




- Oranda 10.000uF 100V


Review dari kedua elco Rubycon dari segi dalaman tidak ada masalah, isi 95% memenuhi isi silinder tabung, kedua elco tersebut saya pakai di tegangan 32VAC atau kisaran 40VDC aman terkendali. Hanya marking atas tidak ada yang sesuai dengan yang biasa dipakai pabrikan Rubycon.

Elco Oranda yang mencengangkan, isi hanya sebesar jari kelingking, selebihnya ter atau aspal, meledak pada tegangan 48VAC atau sekitar 66VAC

2 comments: